.

INOVASI TAWAS IMUNISASI PUSKESMAS CIRIMEKAR

Imunisasi memberikan kekebalan tubuh secara buatan dengan pembentukan antibodi sehingga melindungi anak dan mengurangi keparahan penyakit. Imunisasi anak merupakan upaya memperoleh kekebalan tubuh secara buatan melalui pemberian kuman hidup yang dilemahkan atau bagian tubuh dari kuman untuk membentuk antibodi. Imunisasi bertujuan untuk melindungi anak terhadap penyakit tertentu yang dapat dicegah dengan pemberian imunisasi, sehingga angka kejadian penyakit tersebut dapat dikurangi, dan diharapkan dapat membasmi penyakit tersebut secara menyeluruh.

 

Fakta lapangan menunjukkan cakupan imunisasi masih ada yang belum tercapai. Penyebabnya diantaranya adalah peran serta masyarakat belum maksimal dan masih terdapat orang tua yang tidak mau membawa anaknya untuk diimunisasi. Menyikapi hal tersebut, Puskesmas Cirimekar meluncurkan inovasi yang bernama TAWAS Imunisasi yang merupakan kepanjangan dari:

TA = Tabel Imuisasi ( Pencatatan Data imunisasi didalam Benner)

WA = Whatsapp ( membuat grup ibu-ibu yang punya bayi dan balita)

S  = Sertifikat ( Bayi yang sudah mendapatkan Imuisasi IDL )

TAWAS ini untuk memberikan pelayanan kesehatan masyarakat di Puskesmas Kecamatan Cirimekar sehingga anak-anak bisa tumbuh dengan sehat.

 

Pemberian imunisasi dasar merupakan bagian dari program P2P (Pencegahan Penanggulangan Penyakit) yang mempunyai target dan sasaran yang sudah ditetapkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor untuk masing-masing Puskesmas.