.

Inovasi Berangkas Kelurahan Pabuaran Kecamatan Cibinong

Salah satu jenis sampah anorganik yang banyak ditemukan di Kelurahan Pabuaran Kecamatan Cibinong adalah kertas. Kertas merupakan salah satu kebutuhan pokok disemua aktifitas perkantoran, lingkungan pendidikan maupun rumah tangga. Kertas-kertas tersebut biasanya banyak yang tersisa atau sudah terpakai dan kita buang begitu saja dan menjadi limbah yang menumpuk. Sampah kertas ini memang tidak terlalu menjadi masalah yang serius di lingkungan. Tetapi, jika sampah kertas ini terus menumpuk akan mengurangi kesehatan lingkungan sekitar.

Fakta di lapangan menunjukkan masih rendahnya kesadaran daur ulang sampah/ limbah kertas yang rata-rata hanya berakhir di TPA atau hanya habis dibakar. Oleh karena, Kelurahan Pabuaran Kecamatan Cibinong menyikapi kondisi tersebut dengan membuat terobosan baru dengan mendaurulang limbah kertas menjadi sebuah karya seni yang bernilai. Inovasi ini dinamakan”Berangkas” (Beraksi dengan Koran Bekas)

Kegiatan Berangkas diimplementasikan dalam bentuk kegiatan pengolahan limbah kertas menjadi berbagai macam handycraft anyaman koran dalam bentuk tas, keranjang, dan bentuk lain yang bernilai fungsi juga bernilai ekonomi serta mempunyai nilai seni. Selain itu, produk kerajinan koran bekas tersebut memiliki pangsa pasar yang cukup baik karena disukai oleh masyarakat dari berbagai kalangan. . Lokasi kegiatannya dilakukan di galeri Craft Sebelas Kopi yang juga berfungsi sebagai etalase penjualan berbagai macam produk.

Keuntungan kegiatan Berangkas diantaranya: menambah pendapatan, mengurangi limbah lingkungan, menghemat energi, dan membantu dunia dari global warming. Mendaur ulang kertas juga membantu pemerintah untuk penanggulangan sampah, termasuk merangsang kreatifitas dan tentunya karya yang mempunyai nilai seni tinggi dan bermanfaat. Selain itu kegiatan tersebut juga mengedukasi masyarakat tentang pentingnya pengelolaan sampah sehingga pengelolaan sampah tidak dilakukan sebatas formalitas, namun semua pihak memahami betul mengapa hal itu perlu dilakukan dan apa resikonya jika pengelolaan sampah tidak dilakukan dengan baik.

Kegiatan Berangkas kedepannya dapat diimplementasikan di rumah tangga sehingga menjadi peluang usaha yang menjanjikan dan berkelanjutan. Bahan baku yang tidak sulit didapat, pengolahan yang mudah, dan hasil yang maksimal sehingga produk yang dipasarkan banyak dipakai konsumen.


Download File Lampiran
  22e9166154027f8ddf4bc0202376911c.docx