Kelurahan Ciriung Kecamatan Cibinong membuat terobosan dalam
pengembangan fasilitas Kelurahan Siaga Aktif dengan inovasi “LAYAK SEHAT” ( Layanan Ambulans Kelurahan
untuk Seluruh Masyarakat ). Ambulan
merupakan suatu alat tranportasi yang dapat digunakan untuk mengantar warga
yang membutuhkan pertolongan dan perawatan segera di fasilitas kesehatan. Ambulan
dibutuhkan untuk mengevakuasi masyarakat yang memerlukan pertolongan segera
(kasus rujukan kegawatdaruratan/ persalinan)ke Klinik, Puskesmas, atau ke Rumah
Sakit.
Inovasi LAYAK SEHAT memberikan pelayanan prima kepada masyarakat
khususnya bidang kesehatan, sehingga dapat meningkatkan akses masyarakat ke
faskes terdekat. Masyarakat terbantu dalam mengevakuasi anggota keluarganya
yang sedang menderita sakit dan membutuhkan pertolongan segera termasuk
menanggulangi kasus kegawatdaruratan dan persalinan dengan aman dan cepat.
Melalui inovasi LAYAK SEHAT, kemudahan
akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan dapat terpenuhi melalui
penyediaan sarana pendukung (ambulan) untuk meningkatkan derajat kesehatan
terutama dalam keadaan gawat darurat. Perlunya keberadaan ambulans di Kelurahan
Ciriung untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat dalam
penanggulangan kejadian kegawatdaruratan. Argumentasi masyarakat terhadap
fungsi ambulans adalah dengan tersedianya kelengkapan alat pendukung di dalam
ambulans mampu memantau kondisi kesehatan penderita untuk mendapatkan
penanganan lanjutan.
Berikut prosedur pelayanan LAYAK SEHAT di Kelurahan Ciriung terdiri
dari:
1.
Warga masyarakat yang membutuhkan layanan antar
jemput masyarakat dalam penanganan kasus kegawatdaruratan dapat menghubungi
Call Center Layak Sehat
2.
Petugas Call Center akan menerima laporan warga,
dan mencatat nama, alamat warga yang bersangkutan dan kasus kegawatdaruratan
yang memerlukan tindakan kesehatan segera di fasilitas kesehatan
3.
Petugas Tim Layak Sehat mendatangi warga untuk
melakukan penjemputan dan mengevakuasi segera ke layanan kesehatan terdekat
4.
Petugas Tim Layak Sehat tetap melayani dan
mendampingi warga setelah tiba di lokasi faskes sampai mendapatan tindakan
medis
5.
Jika faskes yang dituju tidak dapat melayani warga
karena beberapa alasan, tim Layak sehat menghubungi call center Dinas Kesehatan
(SITEGAR) untuk mendapatkan fasilitas rujukan