.

LAYANAN PENGADUAN INOVASI LAYAK SEHAT MELALUI WHATS APP DENGAN RPERSENTASE RASIO YANG TERLAYANI 85%

Text Box: TIM LAYAK SEHAT
+62 899-2528-380 (Mulyana)
+62 822-9891-3105 (M Yunus)

 

 

 

 


1.      Mengapa harus ada layanan ambulan di kelurahan? Kan di Puskemas pun sudah tersedia

Salah satu program yang sedang digalakkan untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat yaitu melalui kebijakan Pemerintah tentang “Kelurahan Siaga Aktif” dan menanggulangi Kejadian Luar Biasa (KLB), untuk menanggulangi permasalahan mengenai kesehatan khususnya di Kelurahan Ciriung diperlukan Ambulan untuk alat tranportasi yang dapat digunakan untuk mengantar warga yang membutuhkan pertolongan dan perawatan segera di fasilitas kesehatan.

 

2.      Apa Argumentasi masyarakat terhadap fungsi ambulans?

Dengan tersedianya kelengkapan alat pendukung di dalam ambulans mampu memantau kondisi kesehatan penderita untuk mendapatkan penanganan lanjutan dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat dalam penanggulangan kejadian kegawatdaruratan.

 

3.      Tujuan pengadaan ambulan ini untuk apa?

a.      Tujuan Umum

Meningkatkan derajat kesehatan masyarakat

b.      Tujuan Khusus

Ø  Meningkatkan akses pelayanan kesehatan masyarakat

Ø  Menangani kasus kegawatdaruratan/persalinan dengan aman dan segera

Ø  Menekan angka kematian akibat keterlambatan penanganan di fasilitas kesehatan

Ø  Memberikan pelayanan kesehatan prima kepada masyarakat

 

4.      Mengapa dibuat inovasi LAYAK SEHAT?

Ketersediaan fasilitas penunjang Kelurahan Siaga Aktif seringkali terabaikan, sehingga sebagian Kelurahan yang berstatus Kelurahan Siaga hanya memiliki kompenen sumber daya saja, tetapi fasilitas penunjang kesehatan belum tersedia secara optimal. Maka Kelurahan Ciriung membuat terobosan dalam pengembangan fasilitas Kelurahan Siaga Aktif dengan inovasi “LAYAK SEHAT” ( Layanan Ambulans Kelurahan untuk Seluruh Masyarakat ). Ambulan merupakan suatu alat tranportasi yang dapat digunakan untuk mengantar warga yang membutuhkan pertolongan dan perawatan segera di fasilitas kesehatan. Ambulan dibutuhkan untuk mengevakuasi masyarakat yang memerlukan pertolongan segera (kasus rujukan kegawatdaruratan/ persalinan)ke Klinik, Puskesmas, atau ke Rumah Sakit.

 

5.      Inovasi LAYAK SEHAT ini kemudahan akses ke masyarakat seperti apa?

Kemudahan akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan dapat terpenuhi melalui penyediaan sarana pendukung (ambulan) untuk meningkatkan derajat kesehatan terutama dalam keadaan gawat darurat sehingga dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat dalam penanggulangan kejadian kegawatdaruratan.

 

6.      Bagaimana kegiatan Pokok dari inovasi LAYAK SEHAT tersebut?

Kegiatan pokok yaitu Peningkatan akses layanan kesehatan melalui penyediaaan ambulan dalam mengevakuasi masyarakat khsuusnya yang tidak mampu, sedang menderita sakit dan membutuhkan pertolongan segera termasuk menanggulangi kasus kegawatdaruratan dan persalinan dengan aman dan cepat.

 

7.      Langkah-langkah apa saja dari pelaksanaan kegiatan LAYAK SEHAT?

a.      Dilakukan sosialisasi kepada masyarakat

b.      Memberikan Bimtek dan meberikan pelatihan

c.       Implementasi kegiatan layanan antar jemput masyarakat dalam penanganan kasus kegawatdaruratan

d.      Publikasi dan promosi

e.      Monitoring dan evaluasi

 

8.      Implementasi kepada masyarakat seperti apa untuk inovasi LAYAK SEHAT?

Implementasi LAYAK SEHAT kepada masyarakat yaitu :

a.      Warga masyarakat yang membutuhkan layanan antar jemput masyarakat dalam penanganan kasus kegawatdaruratan dapat menghubungi Call Center Layak Sehat;

b.      Petugas Call Center akan menerima laporan warga, dan mencatat nama, alamat warga yang bersangkutan dan kasus kegawatdaruratan yang memerlukan tindakan kesehatan segera di fasilitas kesehatan;

c.       Petugas Tim Layak Sehat mendatangi warga untuk melakukan penjemputan dan mengevakuasi segera ke layanan kesehatan terdekat;

d.      Petugas Tim Layak Sehat tetap melayani dan mendampingi warga setelah tiba di lokasi faskes sampai mendapatan tindakan medis;

e.      Jika faskes yang dituju tidak dapat melayani warga karena beberapa alasan, tim Layak sehat menghubungi call center Dinas Kesehatan (SITEGAR) untuk mendapatkan fasilitas rujukan.

 

9.      Apa inti dari kegiatan inovasi LAYAK SEHAT tersebut?

Inti dari kegiatan Inovasi LAYAK SEHAT adalah dapat memberikan pelayanan prima kepada masyarakat khususnya bidang kesehatan, sehingga dapat meningkatkan akses masyarakat ke faskes terdekat. Masyarakat terbantu dalam mengevakuasi anggota keluarganya yang sedang menderita sakit dan membutuhkan pertolongan segera termasuk menanggulangi kasus kegawatdaruratan dan persalinan dengan aman dan cepat.

 

10.   Sasaran dalam inovasi LAYAK SEHAT ini siapa saja ?

Sasaran dari LAYAK SEHAT (Layanan Ambulan Kelurahan untuk Seluruh Masyarakat) yaitu Seluruh warga masyarakat di wilayah Kelurahan Ciriung Kecamatan Cibinong khususnya bagi yang tidak mampu dan membutuhkan pelayanan kesehatan untuk penanganan kasus kegawatdaruratan.



Download File Lampiran
  8fe6b0cc2ed29053284247d319d1d89b.docx